MAJALAH SEMBOYAN

MAJALAH SEMBOYAN Created by BestTheme.Net

Popular Posts

Salam Pramuka!
Kegiatan Peserta Didik
Kegiatan Anggota Dewasa

LAGU LAGU PRAMUKA

LAGU LAGU PRAMUKA
KLIK GAMBAR UNTUK MENDENGARKAN

VIDEO PBB TNI PADA GIAT PRAMUKA

LENSA GIAT KITA

lihat video lainya di
SEMBOYAN VIDEO

GPS TUTORIAL PADA GOOGLE EARTH


networkedblogs

BBM CHANEL


HALAMAN

ANDA PENGUNJUNG KE

Popular Posts

Thumbnail Recent Post

VIDEO TO DAY

VIDEO TO DAY
CONTOH FORMASI LKBB

VERSI ANDROID

SEMBOYAN RADIO

SEMBOYAN TV

TRAILER 5 ELANG

THEMA HP 50 TAHUN PRAMUKA

MAJALAH SEMBOYAN DIGITAL

DOWN LOAD AREA

Blog Archive

MAJALAH SEMBOYAN

MEDIA RESMI KWARCAB KABUPATEN BANDUNG DAN KABUPATEN BANDUNG BARAT ...

INFORMASI

Mengemas informasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Kwarcab maupun Kwarran serta Gugudepan yang berada diwilayah Kwarcab Kabupaten Bandung dan Bandung Barat ...

Semboyan Digital Media.

Sebagai sarana alternatif penyajian berita kegiatan secara online ...

Media Publikasi

Media Publikasi bagi Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat ...

Mari Berbagi Informasi

Mari berbagi Infomasi Kirimkan berita kegiatan ke alamat Redaksi Gedung Pramuka Kwarcab Kab Bandung Jl RAA Wiranatakusumah No 19 Baleendah....

Featured Post 2

Dalam rangka menumbuhkan sikap mandiri dan tanggung jawab kepada para siswa, MI  ARROHMAH  menggelar kegiatan serah terima tanggung jawab Dewan Penggalang pada rangkaian kegiatan Perkemahan Rabu Kamis (Peraka) pada tanggal 22 - 23 November 2017.

Siswa yang ikut sebanyak 80 siswa pa dan pi , pa 5 regu pi 3 regu.  Bertempat di Bumi Perkemahan Gunung Puntang  Cimaung Kab. Bandung.

Kegiatan tersebut mengusung konsep tutor sebaya untuk menumbuhkan sikap kemadirian dan tanggung jawab kepada para siswa. Sehingga nilai-nilai pramuka benar-benar tertanam pasca kegiatan Peraka.
“Peraka, jadi yang bertanggung jawab disini sepenuhnya adalah siswa sendiri. Siswa kelas 6 yang bertanggung jawab untuk membimbing dan memberikan materi kepada siswa kelas 4 dan 5. Guru hanya memberikan trik saja, tidak ikut terlibat didalamnya,”
Konsep tutor sebaya ini, sudah ia laksankan sejak 20 tahun terakhir dan terbukti sukses untuk membentuk mental mandiri, tanggung jawab dan rasa saling menyayangi dengan sesama siswa lain.
“Jadi karakter kekeluargaanya benar-benar dapet. Bagaimana seharusnya yang lebih tua bersikap dengan yang lebih muda, begitu juga sebaliknya,” tutur Jirin.

Kedisiplinan pun mulai terasah lebih baik saat kegiatan Peraka. Mereka dituntut untuk bersikap disiplin, bukan saja untuk diri sendiri namun juga bagaimana bisa bersama-sama mendisiplinkan orang lain. Disini mereka belajar keteladanan dan menundukkan ego.
“Karena goal setting kami adalah membina karakter kebersamaan mereka, maka kami pun memberikan reward dan punishement dengan sistem kelompok. Banyak kemudian anak yang tadinya sulit diatur tapi karena takut nilai teman-temannya jelek karena dirinya, maka dia mengalah,” terangnya.
Itu sudah menjadi kemajuan yang luar biasa, untuk ukuran anak usia MI. Dimana biasanya mereka masih sibuk dengan dirinya sendiri, di Peraka ini mereka belajar untuk berbagi.
“Selain itu, Peraka ini juga menjadi ajang regenerasi bagi siswa-siswi kelas 6. Mereka yang saat ini duduk di kelas 5, tahun depan akan menggantikan kelas 6 untuk membimbing para adek-adek kelasnya,
Harapan, Peraka bisa menjadi salah satu wasilah bagi siswa-siswi MI ARROHMAH  untuk menjadi pribadi yang lebih baik, mandiri serta bertanggung jawab

Leave a Reply